Tag

Penulis: http://wolipop.detik.com/

Menjaga pola makan dan rutin berolahraga bukan hanya bermanfaat untuk penampilan dan kesehatan. Dua hal itu juga dapat berpengaruh pada kesuburan. Tapi bagaimana pola makan dan aktivitas fisik yang benar agar kesehatan sperma selalu terjaga dan kesuburan pria meningkat? Simak tipsnya, seperti yang dilansir oleh Your Tango.

1. Rajin Makan Wortel dan Tomat
Kandungan beta karoten oada wortel bisa meningkatkan kemampuan sperma untuk berenang lebih cepat menuju sel telur.
Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa pria yang paling banyak makan wortel memiliki motilitas (kemampuan bergerak) sperma paling bagus.

Sementara itu, juga masih menurut hasil studi, pria yang rajin mengonsumsi makanan kaya likopen –seperti tomat– punya jumlah bentuk sperma yang abnormal lebih sedikit ketimbang pria yang jarang mengasup likopen. Selain tomat, zat ini juga banyak terdapat dalam buah dan sayuran merah seperti paprika merah, semangka dan pepaya.

2. Rajin Bercinta
Para peneliti mengungkapkan bahwa rajin bercinta secara rutin bisa meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Pada pria dengan jumlah sperma sedikit, absen bercinta sehari saja bisa menurunkan produksi sperma lebih banyak lagi, berdasarkan penelitian dari Soroka University Medical Centre di Israel. Jarang bercinta juga bisa membuat sperma berubah bentuk, yang merupakan indikasi bahwa sperma sudah tidak lagi berkualitas bagus.

3. Perbanyak Konsumsi Ikan Berdaging Putih
Ikan yang memiliki daging berwarna putih seperti cod, kakap atau halibut kaya akan zinc yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Berdasarkan studi dari Harvard Unversity, pria yang banyak makan daging olahan, daging merah dan tuna memiliki kualitas sperma yang lebih rendah ketimbang pria yang rajin makan ikan berdaging putih.

4. Olahraga
Latihan fisik memang penting dilakukan baik bagi pria maupun wanita. Tapi pria bisa mendapatkan manfaat lebih dari olahraga, salah satunya menjaga kesehatan sperma. Seperti dikutip dari Mayo Clinic, pria yang aktif secara fisik memiliki jumlah sperma yang lebih aktif dan banyak ketimbang pria yang jarang olahraga.

5. Konsumsi Ginseng
Ginseng tidak hanya meningkatkan hasrat seksual, mengendurkan otot yang tegang dan mengobati disfungsi ereksi. Tapi menurut National Institutes of Health, tanaman ini juga efektif menambah produksi sperma. Berdasarkan hasil penelitian, pria yang mengonsumsi suplemen ginseng secara rutin punya jumlah sperma yang lebih banyak dengan motilitas yang bagus.