Tag

Untuk memulai menulis posting 4 tipe keluarga Indonesia, perlu saya bercerita tentang Bapak Kyai menasehati tentang 4 tipe keluarga Indonesia pada  para santrinya yang akan menikah, sangat sederhana beliau menerangkan tentang 4 tipe keluarga Indonesia itu. Beliau hanya menggambarkan atau menganalogikan pada kebiasaan unggas

Pertama beliau menerangkan tentang 4 tipe keluarga Indonesia yaitu kebiasaan burung bebek dalam berinteraksi dengan pasangannya, Bebek merupakan unggas yang tidak biasa merawat dan menaungi keturunannya, ini dilakukan oleh bebek laki maupun perempuan, bebek perempuan biasa hanya bisa bertelur bahkan volume bertelurnya tergolong salah satu yang terbanyak di antara jenis unggas yang ada. Bapak kyai sudah menceritakan satu tipe kebiasaan keluarga Indonesia dari 4 tipe keluarga Indonesia.

Cerita yang kedua dari bapak kyai tentang 4 tipe keluarga Indonesia, beliau menunjukkan tingkah laku ayam yang biasa disebut ayam jawa, unggas satu ini khusus yang laki-laki yang biasa disebut jago terbiasa menelantarkan pasangan dan keturunannya, tapi khusus ayam perempuan yang biasa disebut babon bertanggungjawab terhadap telur sampai keturunanya bisa mandiri.

Tipe keluarga Indonesia yang ketiga sang kyai menggambarkan pada kehidupan burung puyuh, burung puyuh laki biasa yang mengerami dan mengasuh anak keturunannya, sedang burung puyuh perempuan tidak terbiasa mengasuh dan mengerami telurnya.

Penggambaran terakhir yang disampaikan sang kyai, pada kebiasaan burung merpati memperlakukan pasangannya. Burung ini sangat setia pada pasangannya, ketika burung ini sudah dijodohkan pada pasangannya walau dilepaskan dari tempat jauh tetap pulang pada pasangannya. Dan untuk melindungi dan merawat keturunannya burung ini merupakan teame yang solid. Saling kerja sama tanpa memandang kedudukan dalam rumah maupun luar rumah.
Keempat gambaran tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa rumah tanggah di Indonesia ada 4 tipe :
1. Rumah tanggah broken home tidak menghiraukan nasib keluarganya
2. Ibu rumah tanggah sekalian sebagai tulang punggung keluarga sementara suami tidak meghiraukan
3. Suami sekalian mengerjakan tanggung jawab ibu rumah tanggah, sementara istri lepas tangan tanggung jawab
4. Suami istri saling asa asih asuh, keluarga inilah yang ideal.
Tipe yang mana keluarga anda?